Minggu, 22 Maret 2020

Iklan online dan pay per click

Iklan Online dan Pay Per Click

A. Iklan online dalam pemasaran

1. Ruang lingkup iklan dan iklan online

Untuk memperkenalkan produknya,baik berupa barang atau jasa,maka perusahaan harus memperkenalkannya kepada para pelanggan atau konsumen.

A. Ruang lingkup iklan
Iklan membantu para pengusaha untuk memasarkan produk mereka kepada para konsumen dengan harapan agar produk tersebut dapat dibeli oleh para konsumen tersebut.
Adapun beberapa definisi tentang iklan, sebagai berikut:

1. Kotler dan Keller
Iklan adalah semua bentuk terbayar dengan presentasi nonpersonal dan promosi ide,barang atau jasa melalui sponsor yang jelas melalui media cetak (koran atau majalah),media penyiaran (radio dan televisi), media jaringan (telepon,kabel, satelit, wireless), dan media elektronik (rekaman suara,rekaman video, CD-ROM, halaman website), dan media pameran (Billboard,papan petunjuk jalan,dan poster).

2. Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI)
Iklan merupakan suatu bentuk
Komunikasi nonpersonal yang menyampaikan  informasi berbayar sesuai keinginan dari institusi/sponsor tertentu melalui media massa yang bertujuan memengaruhi/mempersuasi khalayak agar membeli suatu produk atau jasa.

Berikut beberapa tujuan iklan Menurut para ahli:

1. Liliweri (2011) menjelaskan bahwa iklan bertujuan untuk mempersuasi para pendengar, pemirsa,dan pembaca agar mereka memutuskan untuk melakukan tindakan tertentu.

2. Kotler dan Keller menjelaskan bahwa tujuan dari iklan, sebagai berikut.
A.) Iklan informatif,yaitu bertujuan menciptakan kesadaran merek dan mengetahui tentang produk atau fitur produk baru yang ada.
B.) Iklan persuasif,yaitu bertujuan menciptakan kesukaan, preferensi, keyakinan,dan pembelian produk atau jasa.
C.) Iklan pengingat memiliki tujuan menstimulasikan pembelian berulang produk dan jasa.
D.) Iklan penguat, yaitu bertujuan meyakinkan pembeli saat ini bahwa mereka melakukan pilihan tetap.

B. Pengertian dan tujuan iklan online

Iklan merupakan sarana penyampaian informasi kepada para konsumen mengenai produknya. 

Iklan online juga memiliki tujuannya dalam kegiatan bisnis. Adapun tujuan dari iklan online, sebagai berikut.
1.) Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek,serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
2.) Membangun kesadaran (awareness)  merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek atau produk merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi  setiap pemasar.
3.) Menjangkau pelanggan baru dan  menciptaka permintaan konsumen.
4.) Mempersuasi (membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.
5.) Membangun loyalitas konsumen.

2.Jenis-jenis lklan online:

1. Iklan teks
2. Iklan display
3. Iklan rich media

3. Keuntungan dan hambatan iklan online

A. Keuntungan iklan online
* Tidak ada tanggal kadaluarsa
* Lead time
* Kualitas paparan
* Kebebasan
* Jangkauan
* Biaya 

B. Hambatan iklan online
* Pop up blocker
* Ad blocker
* Kecepatan koneksi
* Layar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar